MY ACTIVITY

1. Seorang Guru

Aku adalah seorang guru/pendidik di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 kalibagor, Kabupaten Banyumas.  Sejak tanggl 9 September 1984 mulailah aku meniti karier saya dengan diberi tugas pertama mengajar Mata Pelajaran Pengolahan Hasil Pertanian pada tingkat 1 dan 2.  Penghasilanku saat itu sama sekali  nol karena katanya pengabdian sambil menunggu turunnya SK Pengangkatan. Untuk memenuhi kebutuhan hidup ku ditopang dari pinjaman ke sekolah sebesar Rp 25.000,00 dan kekurangannya disubsidi dari orang tua.

Selain aktivitas pokok mengajar, untuk sore harinya ditambah tugasi membimbing anak-anak kegiatan ekstra kejuruan dan ekstra umum hingga pukul 16.30.  Dan itupun juga tanpa ada honor atau insentif apapun.  Namun aku jalani dengan senang dan sepenuh hati.  Hal itu berjalan hampir setiap hari, sehingga aku di rumah kontrakan hanya malam hari saja untuk melepas lelah dan penat.  Kondisi ini berlangsung cukup lama karena hampir 11 bulan SK Pengangkatan baru saya terima.

Bisa dibayangkan bagaimana kondisi saya saat itu, seorang yang baru saja diangkat dengan gaji pokok 28.600 dan beras 10 kg, sudah menumpuk hutang selama 11 bulan x Rp 25.000.  Hal ini tidak menyurutkan semangat saya untuk mendidik siswa siswi.  Namun Alhamdulillah aku bersyukur kepada Allah SWT, hasil anak didik cukup memuaskan, dilihat dari semangat anak-anak dan perilaku yang santun, berpikir dewasa, serta rasa memiliki almamater yang tinggi sangat nampak di wajah-wajah mereka.

Responses

  1. apakah ada tips yang bisa dtularkan kpada kami,
    untuk menjadi orang tabah…..
    terus terang disini kami selalu ada ketimpangan sosial, ketika dihadapkan dengan persoaalan serti yang bapak/ibu alami….

    • Hidup ini adalah takdir. kita tinggal menjalaninya dengan ikhlas, Yang pokok dan tidak boleh dilupakan adalah berserah diri kepada Allah SWT, dengan selalu memohon atas petunjuk dan lindungan Nya serta berusaha sekuat tenaga dengan harapan mendapatkan Ridlo Nya. Amiin YRA


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: